Program Studi Sekolah Kedinasan POLTEKIP

Admin CMO • Senin, 26 Desember 2022

Program Studi Sekolah Kedinasan POLTEKIP

bimbelkedinasan.id - Sekolah Kedinasan POLTEKIP atau yang sempat disebut dengan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang terletak di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.


 

Program Studi POLTEKIP

 

Tahun 2021, POLTEKIP membuka tiga program yakni Teknik Pemasyarakatan, Manajemen Pemasyarakatan dan Bimbingan Pemasyarakatan. Ketiga program studi tersebut memiliki jenjang pendidikan yang sama yaitu Diploma IV, dengan lama masa kuliah empat tahun. Di jurusan Teknik Pemasyarakatan, kamu akan belajar mengenai ilmu pemasyarakatan, pengantar ilmu hukum, administrasi pemasyarakatan, teknik dan strategi pengamanan, teknik pengelolaan rupbasan, perawatan tahanan, etika profesi petugas pemasyarakatan, registrasi basan/baran, daktiloskopi, dan lain sebagainya. Apabila kamu berada di jurusan Manajemen Pemasyarakatan, kamu akan mengemban mata kuliah mengenai pengembangan kepribadian, keahlian berkarya, perilaku berkarya, keilmuan dan keterampilan, serta kehidupan bermasyarakat. Sedangkan di prodi Bimbingan Kemasyarakatan, kamu akan mempelajari tentang sosiologi, antropologi budaya, ilmu pemasyarakatan, latihan dasar kepemimpinan, dasar-dasar komputer, marching band, ilmu hukum, psikologi, dan lain sebagainya. Selain itu, seorang lulusan Poltekip akan mengemban gelar Ahli Madya Pemasyarakatan (A.Md.P.) dan Sarjana Terapan Pemasyarakatan (S.Tr.Pras.). Menarik bukan? Selain mengetahui program studinya, kamu wajib tahu tentang sistem atau program pendidikan yang diterapkan oleh sekolah kedinasan POLTEKIP nih!

 

 

Program Pendidikan POLTEKIP

 

Ada 4 program pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah Kedinasan Poltekip, antara lain :

 

Program Pendidikan Akademis. Bertujuan untuk mendidik Taruna Agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan keahlian yang menunjang secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan sistem Pemasyarakatan, sehingga kelak mampu melaksanakan tugas dengan jiwa penuh pengabdian dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugas-tugasnya.

Program Pendidikan Kepribadian. Bertujuan untuk membentuk jati diri Taruna sebagai kader Pemasyarakatan yang berjiwa Pancasila, yang tanggap dalam pengetahuan, tanggap dalam kepribadian dan trengginas dalam jasmani serta welas asih dalam bertindak.

Program Pendidikan Profesi. Bertujuan untuk memberikan pembekalan keterampilan sebagai bekal melaksanakan tugas di bidang pemasyarakatan

Program Pendidikan Jasmani. Bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan jasmani yang sehat sehingga diperoleh sikap samapta dan mempunyai daya tahan yang tinggi dalam melaksanakan tugas.

 

Setelah resmi menjadi Taruna/i Poltekip, kamu dapat merasakan fasilitas yang diberikan oleh sekolah kedinasan Poltekip seperti :

 

  • Ruang kuliah yang nyaman
  • Perpustakaan yang memiliki banyak jenis buku
  • Laboratorium
  • Masjid
  • Padepokan seni
  •  Green House
  •  Koperasi
  • Lapangan olahraga
  • Dan lain-lain

 

 

Biaya Kuliah

 

Peserta yang mengikuti seleksi tidak dipungut biaya. Selama pendidikan, peserta tidak dipungut biaya pendidikan (GRATIS perkuliahan). Setelah lulus akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan (lulusan POLTEKIP) dan ditempatkan dalam Jabatan Analis Keimigrasian (lulusan POLTEKIM).




 

Nah, Itulah artikel tentang Program Studi sekolah kedinasan Kemenkumham Poltekip, Perguruan tinggi ini dalam naungan kementerian tarunanya akan menjalani masa ikatan dinas setelah lulus. Jika kamu tertarik masuk ke sekolah kedinasan ini, Yuk persiapkan diri dari sekarang !

 

bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes sekolah kedinasan bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses?.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, cek testimoninya, klik disini.

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes sekolah kedinasan.

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

 

Nah itu dia mengapa kamu harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sekolah kedinasan dan menjadi abdi negara bersama bimbel akses, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes sekolah kedinasan bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

 

 

Salam sukses !

 

 

 

 

 

 

Referensi :

https://luluskedinasan.com/2021/06/15/semua-tentang-perguruan-tinggi-kedinasan-poltekip/

 

Subscribes Channel Youtube Kami