Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Selama 5 Hari, Ini Jumlah Peserta yang Memilih Instansi

Admin CMO • Senin, 20 Mei 2024

Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Selama 5 Hari, Ini Jumlah Peserta yang Memilih Instansi

Pendaftaran CPNS 2024 melalui jalur sekolah kedinasan telah berlangsung selama lima hari sejak dibuka pada tanggal 15 Mei.


Namun, jumlah peserta yang mendaftar masih tergolong sedikit. Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nanang Subandi, mengungkapkan bahwa hingga 19 Mei pukul 07.18 WIB, sebanyak 53.413 peserta telah membuat akun.



Dari jumlah tersebut, belum ada peserta yang memilih instansinya. "Kami akan terus memperbarui informasi perkembangannya secara berkala di media sosial setelah seluruh sekolah kedinasan mengumumkan," kata Nanang Subandi kepada JPNN.com, pada Minggu (19/5).


Nanang menjelaskan bahwa tahapan pendaftaran dimulai dengan membuat akun, karena ada beberapa proses pengisian di portal sebelum bisa melanjutkan ke tahap resume.


Menurutnya, jika ada peserta yang belum melakukan resume, hal itu disebabkan karena BKN telah menghimbau sejak awal untuk membaca dengan teliti tata cara pendaftaran yang terdapat dalam buku petunjuk di portal SSCASN. 


"Informasi persyaratan pada pengumuman dari masing-masing sekolah kedinasan harus dibaca secara seksama untuk menghindari kesalahan saat mengisi. Setiap peserta hanya diperbolehkan mendaftar di satu instansi," jelasnya.


Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto menyatakan bahwa tahun ini, pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah mengalokasikan total 3.445 formasi untuk sekolah kedinasan yang akan diisi oleh 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan.


Tercatat ada tiga instansi yang terbanyak formasi CPNS 2024 jalur sekolah kedinasan. Tentunya ini menjadi kesempatan besar bagi lulusan SMA yang ingin menjadi ASN PNS.  Adapun perincian formasi masing-masing sekolah kedinasan sebagai berikut: 


1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN BIN) 400 formasi 

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN Kemendagri) 721 formasi 

3. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) 722 formasi 

4. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG BMKG) 120 formasi 

5. SIPENCATAR Kemenhub 622 formasi.  

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN BSSN) 105 formasi

7. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS BPS) 355 formasi. 

8. POLTEKIP/POLTEKIM Kemenkumham 400 formasi. 


Pendaftaran, lanjutnya, berlangsung hingga 13 Juni 2024 dan calon pelamar hanya dapat memilih satu sekolah kedinasan


BKN telah melakukan sejumlah persiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pelaksanaan seleksi, mulai dari kesiapan portal aplikasi SSCASN, mekanisme helpdesk untuk membantu pelamar, dan sistem aplikasi CAT BKN yang akan digunakan pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.


Kamu tertarik buat masuk sekolah kedinasan? Sudah persiapkan dirimu? Yuk mulai persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI KEDINASAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS PERGURUAN TINGGI KEDINASAN, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK SEKOLAH KEDINASAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 

Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes sekolah kedinasan, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk Sekolah Kedinasan 2024 Bersama Bimbel Akses.