Jurusan dan Mata Kuliah di POLTEK SSN

Redaksi Bimbel Akses • Rabu, 27 Juli 2022

Jurusan dan Mata Kuliah di POLTEK SSN

Apa Saja Jurusan dan Mata Kuliah di POLTEK SSN ?

 

bimbelkedinasan.id - Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara. Dahulu, perguruan ini bernama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

 

Belajar apa sih di Polteknik SSN? Sesuai dengan namanya, kamu akan mempelajari ilmu yang berhubungan dengan keamanan jaringan komputer, intelijen, kriptografi, serta cara membuat hardware yang aman untuk menjaga kerahasiaan data negara. Bisa dibilang, mirip-mirip jurusan Teknik Informatika gitu deh. Peserta didik dilatih untuk mempertahankan keamanan negara di dunia siber, seperti internet.

 

Dikutip dari poltekssn.ac.id berikut  ini adalah :

 

 

Jurusan dan Mata Kuliah di POLTEK SSN :
 

1. Rekayasa Keamanan Siber (RKS)


Di jurusan Rekayasa Keamanan Siber, mata kuliah yang akan kamu peroleh seputar teori jaringan komputer dan komunikasi, teori keamanan informasi, dan teori intelijen. Setelah lulus, kamu diharapkan mampu melakukan rekayasa keamanan jaringan komputer dan informasi, merancang pengelolaan keamanan siber, serta mengoperasikan fitur keamanan perangkat jaringan yang meliputi sistem operasi, perangkat lunak dan perangkat keras.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Keamanan Siber antara lain:

Cyber Security Incident Analyst/ Cyber Security Analyst
Vulnerability Assessment Analyst
Digital Evidence First Responder
Cyber Security Administrator
Cyber Security Awareness Officer
Network Security Administrator
 

2. Rekayasa Kriptografi (RK)


Program studi Rekayasa Kriptografi STSN memiliki 2 konsentrasi atau peminatan, yaitu:  Rekayasa Sistem Kriptografi dan Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi. Tapi, apa sih kriptografi itu? Kriptografi adalah teknik yang digunakan untuk melindungi kerahasiaan informasi atau data menggunakan kode tersembunyi. Kode tersebut dapat berbentuk angka, simbol, atau kata-kata aneh. Psstt, kriptografi juga ditemukan dalam soal bahasa panda di UTBK, lho.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Kriptografi antara lain:

Cryptographic Analyst
Digital Forensic Analyst

 

Program Bimbel Akses

 

 

Join Now


 

3. Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK)


Mata kuliah jurusan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) antara lain; hardware security engineering, cyber intelijen, kriptografi, pemrograman perangkat keras, information security system, dan lain-lain. Setelah lulus, kamu akan memiliki kemampuan merancang hardware yang aman, menganalisa potensi ancaman, serta mengamankan infrastruktur kritis nasional.

Prospek kerja jurusan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi antara lain:

Akademisi
Asisten Peneliti
Penyuluh Keamanan Informasi/Keamanan Siber
Perekayasa Perangkat Keras Modul Kripto
Teknisi Perangkat Keras Modul Kripto


Nah itu dia Jurusan dan mata kuliah di POLTEK SSN yang dikutip dari poltekssn.ac.id semoga menambah pengetahuan kamu ya !

 

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes sekolah kedinasan bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses ?.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.
2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, cek testimoninya, klik disini.
3. Pengajar sangat berkompeten.
4. Materi terupdate tes sekolah kedinasan.
5. Fasilitas & sarana super lengkap.

 

Nah itu dia mengapa kamu harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sekolah kedinasan dan menjadi abdi negara bersama bimbel aksesdaftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes sekolah kedinasan bersama education consultant bimbel akseschat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

https://poltekssn.ac.id/

Subscribes Channel Youtube Kami