5 Sekolah Kedinasan Favorit di Bandung

Admin CMO • Kamis, 14 Maret 2024

5 Sekolah Kedinasan Favorit di Bandung

Sekolah kedinasan favorit di Bandung menarik untuk diketahui. Sekolah kedinasan menjadi salah satu perguruan atau sekolah tinggi yang dapat menjadi opsi bagi para lulusan SMA sederajat. Sekolah kedinasan dikelola dan berada di bawah naungan Kementerian atau lembaga negara.

Banyak para lulusan SMA sederajat yang memilih sekolah kedinasan sebagai destinasi pendidikan lanjutan mereka. Tidak heran, karena sekolah kedinasan menawarkan banyak keuntungan bagi para siswanya. 

Para lulusan sekolah kedinasan memiliki peluang untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ketika lulus.

Tidak semua sekolah kedinasan akan mengangkat para lulusannya menjadi ASN. Terdapat sekolah kedinasan non-ikatan dinas yang tidak mewajibkan para lulusannya untuk bekerja sesuai dengan lembaga atau badan yang mengawasi sekolah tersebut.

Kota Bandung sebagai salah satu kota destinasi para calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya, juga mempunyai beberapa perguruan tinggi yang tergolong sebagai sekolah kedinasan.

Berikut ini 5 sekolah kedinasan favorit di Bandung dikutip dari Okezone.

  1. Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (Poltekesos)

Poltekesos Bandung merupakan sekolah kedinasan yang berdiri pada tanggal 10 Desember 1964 dan menjadikan sekolah ini sebagai sekolah kedinasan tertua di bawah Kementerian Sosial RI.

Melansir dari website resminya, Rabu (10/1/2024), Poltekesos Bandung memiliki jurusan atau program studi:

  • Pekerjaan Sosial

  • Rehabilitasi Sosial

  • Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial

  • Magister Pekerjaan Sosial

  1. Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT)

STTT Bandung telah berdiri sejak 1992 dengan nama, Textiel Inrichting Bandoeng (TIB). Barulah pada tahun 2014 mereka ditetapkan dengan nama Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT).

STTT Bandung sendiri merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik dalam bidang tekstil. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Melansir dari website resminya, berikut program studi yang ada di STTT Bandung:

  • Diploma 4 Teknik Tekstil

  • Diploma 4 Kimia Tekstil

  • Diploma 4 Produksi Garmen

  • Program Magister Rekayasa Tekstil dan Apparel

Proses penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik STTT Bandung Tahun Akademik 2024/2025 melalui Jalur Jarvis Prestasi Gelombang I sendiri telah dibuka sampai tanggal 14 Januari 2024. 

  1. Politeknik Pariwisata NHI Bandung (Poltekpar NHI Bandung)

Sering dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STP NHI Bandung), sekolah kedinasan satu ini kini telah berganti nama menjadi Politeknik Pariwisata NHI Bandung (Poltekpar NHI Bandung). Sekolah tinggi ini berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata, namun secara teknis akademis masih dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Melansir dari website resminya, berikut beberapa program studi yang ada di Poltekpar NHI Bandung:

  • Hospitaliti

  • D4 Pengelolaan Perhotelan

  • D3 Divisi Kamar

  • D3 Tata Hidang

  • D3 Seni Kuliner

  • D3 Seni Pengolahan Patiseri Perjalanan

  • D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara

  • D4 Usaha Perjalanan Wisata Pariwisata

  • D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi

  • D4 Destinasi Pariwisata

  • Program Pascasarjana Magister Pariwisata



  1. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung (Poltekkes)

Sesuai dengan namanya, perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Tidak hanya berlokasi di Bandung, Poltekkes Kemenkes juga tersebar di beberapa wilayah Jawa Barat lainnya seperti di Cimahi, Karawang, dan Bogor.

Poltekkes Kemenkes sendiri memiliki delapan jurusan dan 18 program studi untuk D3 dan D4. Kedelapan jurusan tersebut adalah:

  1. Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA LAN)

STIA LAN adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara. Selain itu, STIA LAN juga merupakan hasil penggabungan antara lembaga Perguruan Tinggi Dinas Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN) dan Akademi Ilmu Administrasi (AIA).

STIA LAN sendiri fokus pada bidang pendidikan vokasi dan pendidikan profesi di bidang administrasi bagi penyelenggara pemerintahan dan pembangunan. Program studi yang tersedia di STIA LAN, antara lain:

  • D4 Administrasi Pembangunan Negara

  • D4 Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur

  • D4 Administrasi Bisnis Sektor Publik

  • Program Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara

Itu dia 5 sekolah kedinasan terfavorit yang ada di Bandung.Sudah persiapkan dirimu buat masuk sekolah kedinasan impianmu? Yuk persiapkan dirimu dari sekarang bersama Bimbel Akses.

TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PERGURUAN TINGGI KEDINASAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% LOLOS PERGURUAN TINGGI KEDINASAN, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK SEKOLAH KEDINASAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 

Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes Sekolah Kedinasan, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk Sekolah Kedinasan 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✔️ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, belajar mandir)

✔️ 80% tenaga pengajar ASN dari Kementerian & 20% Akademisi Dosen

✔️ Perpustakaan digital dan Cek jurusan

✔️ Try Out offline & online dengan SOAL TERUPDATE di tokedinasan.com

✔️ Grup diskusi intensif

✔️ GRATIS soal harian plus pembahasan

✔️ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✔️ dan fasilitas Menarik lainnya

Segera wujudkan Impianmu untuk lolos ke Sekolah Kedinasan favorit kamu by Akses Education Centre.

Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami

Referensi: https://edukasi.okezone.com/read/2024/01/11/624/2953107/5-sekolah-kedinasan-favorit-di-bandung?page=3 

Subscribes Channel Youtube Kami